Wednesday, 25 October 2023 13:12

TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN, FEBI GELAR FGD DOSEN SERUMPUN

Written by

Kajen (25/10) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan kegiatan Focus Group Discussin (FGD) terkait penyusunan dan penyeragaman RPS pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 di meeting room lantai 3 Gedung FEBI. Dalam kegiatan ini dihadiri puluhan dosen tetap FEBI yang terbagi dalam 3 program studi yaitu program studi Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah berlangsung dengan lancar. 

Dalam pembukaan dan sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan kelembagaan Dr. Tamamudin, MM mengatakan bahwa Kegiatan FGD Dosen serumpun ini merupakan komitmen bersama untuk terus melakukan peningkatan kualitas pembelajaran. Perlu ada keselarasan RPS yang sesuai standar yang telah ditetapkan agar mudah ketika dilakukan asesmen terkait standar pembelajaran. FEBI selalu mengadakan evaluasi dan terobosan untuk meningkatkan kualitas mata kuliah dengan membentuk berbagai rumpun, diantaranya rumpun Metodologi, rumpun Ekonomi Syariah, rumpun Matematika dan statistic, rumpun Manajemen dan lain sebagainya.

Masing-masing dosen yang tergabung dalam rumpun dengan serius membahas masalah RPS berbasis MBKM. Karena RPS merupakan dan bagian langkah awal sebelum memasuki perkuliahan dalam pembelajaran. Sehingga harus dipersiapkan dengan matang dan cermat dengan mengangkat berbagai isu yang actual. Mereka yang tergabung kelompok serumpun mata kuliah tersebut melakukan penyamaan persepsi sub-CPMK, materi pembelajaran, referensi, Metode pembelajaran, dan bentuk evaluasi.  Sehingga dalam pelaksanaan proses pembelajaran bisa terpantau dengan baik dan akan lebih memudahkan dalam penyusunan borang akreditasi dengan hasil akreditasi unggul.

Alhamdulillah, acara kegiatan FGD ini berjalan dengan lancar dan merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk evaluasi.

Reporter          : Nuzulul

Editor              : Dr. Tamamudin