Tuesday, 07 February 2023 18:12

TINGKATKAN KAPASITAS DAN TEAM WORK, SDM FEBI IKUTI MANAGEMENT TRAINING DAN CAPACITY BUILDING

Written by

Semarang, FEBI—Seiring dengan transformasi alih status kelembagaan menjadi universitas, maka peningkatan kapasitas sumder daya manusia (SDM) di lingkungan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi sebuah keniscayaan. Oleh karenanya berbagai program ditempuh untuk dapat meningkatkan performa dan kinerja SDM yang muaranya adalah peningkatan layanan bagi stakeholder. Berangkat dari dasar pemikiran itulah maka SDM FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid mengikuti kegiatan Management Training & Capacity Building yang digelar oleh P.T. BRAM Semarang. Kegiatan yang berlangsung pada 3 dan 4 Februari 2023 ini diikuti oleh seluruh SDM FEBI, mulai dari pimpinan, tenaga kependidikan, Unit Jaminan Mutu, sampai dengan tim security. Bertindak sebagai nara sumber dan fasilitator adalah tim dari PT BRAM Semarang.

Materi training yang diperoleh oleh para peserta meliputi beberapa aspek. Jatmiko, M.T., dalam paparannya menjelaskan bagaimana setiap orang perlu mengidentifikasi kemampuan dan kecerdasan otaknya untuk dapat dieksplorasi sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan output kerja nyata yang maksimal. Nara sumber kedua adalah Reza, S.S. menjelaskan bagaimana untuk dapat mempunyai attitude yang baik saat menghadapi serangkaian kenyataan yang di luar harapan. Reza yang juga seorang pelaku seni ini menyatakan bahwa kita harus lebih menekankan sisi “menanggapi” bukan sebatas pada sisi “bereaksi.”

Adapun nara sumber Ponang Wilasto, C. NLP. menyampaikan materi yang berhubungan dengan team-work. Setelah memaparkan materinya, Ponang dan tim mengajak peserta untuk melakukan beberapa game ringan yang bertujuan untuk membangun kesadaran bagaimana pentingnya sebuah kerja sama untuk meraih tujuan organisasi; sekaligus keniscayaan sebuah kerja sama dalam mengatasi suatu masalah yang dihadapi oleh organisasi. (i78)

Last modified on Tuesday, 07 February 2023 18:15