Wednesday, 22 February 2023 15:32

International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC) menuju Jurnal Bereputasi Internasional (Scopus)

Written by

Jurnal Ilmiah Standardisasi dalam proses menggunakan sistem Open Journal System (OJS) dan pengelolaan jurnal secara online (E-Journal), serta direncanakan menuju jurnal ilmiah internasional terindeks di Scopus.

Dalam rangka meningkatkan reputasi jurnal ilmiah nasional menjadi jurnal internasional terindeks, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Ibu Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, SH, MH dan Editor in Chief IJIBEC (Internationan Journal of Islamic Business and Economics) Dr. Kuat Ismanto, M. Ag bersama Agus Arwani, M.Ag dan M. Rosyada, MM selaku Editor melakukan studi banding/benchmarking ke Pengelola Jurnal FEB Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Univeritas Negeri Surabaya (UNESA), dengan tujuan meningkatkan mutu dan jumlah  jurnal ilmiah  nasional untuk terindeks di SCOPUS dan diterima menjadi Jurnal ilmiah internasional terindeks.

Terkait dengan persiapan jurnal internasional terindeks, meningkatkan mutu dan kualitas jurnal ilmiah standardisasi IJIBEC, tim melakukan studi banding/benchmarking tanggal 20 – 21 Februari 2023 ke Pengelola jurnal JEBIS Unair Surabaya dan Jurnal Al Uqud Unesa Surabaya. Pola pengelolaan Jurnal Ilmiah berbasis OJS dan Online sebagaimana lazimnya pengelolaan jurnal lainnya di Indonesia.

Pada kunjungan studi banding ke Pengelola jurnal FEB Unair , tim diterima oleh Dr. Sri Herianingrum, SE, MSi (Ketua Departement Ekonomi Islam) dan Sulistya Rusgianto, SE.,MIF.,Ph.D. (Sekretaris Departemen) dan Sylva Alif Rusmita selaku Executive Editor jurnal JEBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam). Sulistya Rusgianto, SE.,MIF.,Ph.D. yang menjelaskan tentang bahwa jurnal-jurnal di Unair sudah cukup banyak yang terindeks Scopus diantaranya jurnal akuntansi yaitu Asian Journal of Accounting Research (AJAR) sedangkan jurnal JEBIS sendiri sudah submit ke scopus pada tahapan penilaian akhir. Sedangkan Ibu Sylva menjelaskan bahwa pengelolaan jurnal JEBIS dikelola dengan standarisasi pengelolaan jurnal internasional, proses pengelolaan dengan memperhatikan OJS, pengelolaan bahasa, pengelolaan indeksasi yang mendukung serta pengelolaan pengajuan DOI yang tepat waktu. Diakhir sambutan Dr. Sri Herianingrum, SE, MSi mengatakan bahwa hubungan kerjasama FEBI UIN K.H. Abdurrahaman Pekalongan dengan departemen Ekonomi Islam Unair tidak cukup di jurnal saja tetapi di bidang kerjasama yang lain.

Pada kunjungan studi banding ke Pengelola jurnal FEB UNESA Surabaya, tim diterima oleh Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. (Dekan FEB) dan Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. (Wakil Dekan I) dan Dr. Ahmad Ajib Ridlwan selaku Editor in Chief jurnal Al-Uqud: Journal of Islamic Economics. Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan tentang bahwa jurnal-jurnal di Unesa sudah cukup banyak yang terindeks Sinta diantaranya jurnal al uqud dan disamping itu Prof Anang juga menghendaki kerjasama dibidang akademik dan bidang-bidang lain. Sedangkan Dr. Ajid menyampaikan bahwa pengelolaan jurnal JEBIS dikelola dengan standarisasi pengelolaan jurnal internasional, proses pengelolaan dengan memperhatikan OJS, pengelolaan bahasa, pengelolaan indeksasi yang mendukung serta pengelolaan pengajuan DOI yang tepat waktu dan al Uqud akan mensubmit ke scopus dalam waktu dekat.

Ibu Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Surabaya dari hasil kunjungan ini mendapatkan tips dan triks strategi agar IJIBEC bisa memenuhi standarisasi jurnal internasional dan terindeks scopus dan bahkan terima kasih atas diterimanya kerjasama di bidang akademik dan bahkan kesediaan untuk networking kerjasama internasional.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Jurnal Ilmiah Standardisasi menjadi jurnal internasional yang terindeks di Scopus. Hasil dari kunjungan studi banding ini antara lain adalah mendapatkan masukan dan kiat-kiat bagaimana menjadi Jurnal ilmiah internasional terindeks di Scopus. Masukan dan kiat-kiat tersebut antara lain adalah bagaimana mendapatkan editor, reviewer dan author dari Reviewer di international journal yang bersedia menjadi Reviewer di Jurnal Ilmiah Standardisasi. Disamping melakukan studi banding jurnal juga dilakukan penandatangan MoU dengan UNESA Surabaya. Semoga dengan penandatangan ini bisa dilakukan tindak lanjuti dengan MoA. (Agus Arwani)

Last modified on Wednesday, 22 February 2023 15:53