Tuesday, 15 November 2022 12:56

FEBI UIN Gusdur gelar FGD Konsorsium Keilmuan Dosen untuk tingkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi

Written by

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gusdur) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Konsorsium Keilmuan Dosen pada hari rabu (9/11/2022). FGD yang diselenggarakan secara luring tersebut mengundang Agung Yulianto, M.Si. sebagai narasumber. Agung Yulianto memiliki pengalaman yang luas terkait penjaminan mutu. Beliau yang berasal dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) pernah menjadi ketua badan penjaminan mutu UNNES pada tahun 2017-2021.

Agung menyampaikan jika pembentukan konsorsium keilmuan dosen memiliki tujuan agar dosen memiliki kesamaan persepsi dalam suatu bidang keilmuan (mata kuliah), arah riset, pengabdian dan luaran lainnya. Segala aktivitas tri dharma yang dilakukan dosen sebaiknya dilakukan tidak semata-mata untuk memenuhi Beban Kinerja Dosen (BKD) saja, namun dosen juga harus memikirkan kontribusi ke dalam visi misi lembaga.

FGD yang berlangsung di meeting room FEBI ini dihadiri oleh dosen-dosen yang berasal dari tiga jurusan FEBI. Para peserta FGD terlihat sangat antusias karena materi diskusi yang dibawakan narasumber sangat relevan dengan kondisi yang ada di UIN Gusdur. Di akhir acara, Agung berpesan bahwa konsorsium digunakan untuk memetakan keilmuan dosen dan meletakannya dalam mata kuliah sesuai keilmuannya, oleh karena itu konsorsium harus membuat peta kompetensi keilmuan dosen. Kemudian di akhir sesi, diskusi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari FEBI UIN Gusdur kepada narasumber.