Friday, 14 July 2023 07:34

TINGKATKAN DIGITALISASI LAYANAN AKADEMIK, FEBI UIN GUSDUR PERKENALKAN APLIKASI BARU

Written by

Kajen (11/7) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar Workshop Digitalisasi Layanan Administrasi dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan akademik di era yang serba digital seperti saat ini.  "Di era ini, digitalisasi administrasi  tidak bisa ditolak, karena itu sangat penting untuk mengupgrade diri  dalam rangka untuk menuju Pelayanan Terpadu," ujar Kepala Bagian Tata Usaha Arif Rachman, S.Ag dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu  tanggal 10 dan 11 Juli 2023 yang bertempat di Laboratorium Komputer  lantai 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta, baik dari pengelola, dosen, maupun mahasiswa mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tesebut, dimana dalam kegiatan tersebut para peserta diperkenalkan dengan aplikasi baru yang akan menunjang dalam proses pelayanan akademik mahasiswa. Aplikasi yang pertama yaitu Si-Prestasi , aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data-data prestasi mahasiswa dan dosen yang bisa memudahkan para dosen dan mahasiswa untuk menyimpan data prestasi yang dimiliki, selain itu juga bisa menunjang dalam proses akreditasi .

Aplikasi kedua yang diperkenalkan yaitu aplikasi Si-Ruang, dimana aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan ketika dosen dan mahasiswa akan meminjam ruangan, dalam aplikasi tersebut mahasiswa bisa mengajukan secara mandiri dan melihat progres dari pengajuan ruangan, sampai dengan persetujuan peminjaman. Di era yang serba digital ini, sumber daya manusia kekinian dituntut memiliki empat hal, yaitu digital skill, digital culture, digital ethics dan digital safety, maka menjadi keharusan kita untuk belajar, memahami, dan beradaptasi dengan digitalisasi. (Nuzulul/syifa).