Thursday, 19 October 2023 16:27

SUKSESKAN EXPO KEMANDIRIAN PESANTREN 2023, FEBI UIN GUSDUR GELAR STAND

Written by

Kajen (19/10) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan gelar Stand dalam acara Expo Kemandirian Pesantren untuk peringantan hari Santri Nasional. Acara ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Kamis dan Jumat, 19 – 20 Oktober 2023 di halaman depan kampus FEBI. Expo Kemandirian Pesantren semakin meriah dengan adanya 55 stand pondok pesantren se-eks karesidenan Pekalongan. FEBI UIN Gus Dur juga tidak ingin ketinggalan dalam kegiatan expo ini dengan menampilkan produk-produk unggulan dan karya ilmiahnya. FEBI menyajikan produk karya ilmiah berupa berbagai buku dengan penulis para dosen FEBI, sedang karya yang berupa artikel yang tergabung dalam jurnal yaitu IJIBEC, JIEF, JAIZ, VELOCITY dan SAHMIYA. Selain itu ada juga perlengkapan dengan simbol FEBI dengan berbagai jenis seperti payung FEBI, PIN FEBI, ID Card FEBI, Hand Bag FEBI dan Kalender FEBI. Sebagai bentuk pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, FEBI mempunyai usaha binaan dalam pengolahan kopi yang tergabung dalam “Komunitas Dampingan Sapta Wening” dan produk kewirausahaan mahasiswa.

Expo Kemandirian Pesantren ini dibuka oleh Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag, dan beliau menyampaikan pesan dalam sambutannya bahwa santri dan ulama mempunyai perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dalam melawan penjajah untuk kemerdekaan republik Indonesia. Jihad santri sekarang ini bukan mengangkat senjata, akan tetapi para santri dan pengelola pondok pesantren bisa mandiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Sebagai wujud penghargaan pemerintah mengapresiasi dengan menerbitkan Undang-undang No. 18 tahun 2019 tentang pesantren. Dan dalam hari santri nasional ini mengangkat tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri”, tutur Prof. Zaenal.

Kegiatan Expo ini dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Semarang, Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kota/Kab Se-Eks Karisidenan Pekalongan, Perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan civitas akademika. Disela-sela acara pembukaan Expo ditampilkan beberapa pertunjukan diantaranya  tarian dari mahasiswa yang menjadikan suasana berlangsung meriah dan sukses.

Kemandirian Pesantren ini merupakan program yang dicetuskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan ditetapkan menjadi program prioritas Kementerian Agama sejak tahun 2021, yang bertujuan agar pesantren dapat menjalankan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat secara optimal sehingga alumni pesantren tidak dipandang dengan sebelah mata.

Adanya Expo Kemandirian Pesantren ini menjadi bagian dari langkah strategis, guna meningkatkan kemandirian pesantren, penguatan ekonomi masyarakat Indonesia dan merupakan sebagai sarana promosi UIN Gus Dur Pekalongan. Rangkaian acara hari santri ini ditutup dengan dilaksanakan upacara bendera pada hari Ahad, tanggal 22 Oktober 2023 yang akan diikuti oleh segenap civitas akademika dan tenaga kependidikan di halaman FEBI UIN Gus Dur Pekalongan.

 

Reporter          : Nuzulul

Editor              : Ade Gunawan

Last modified on Thursday, 19 October 2023 16:34