Tuesday, 27 June 2023 09:12

SINKRONISASI ID SINTA DOSEN FEBI 22 Juni 2023

Written by

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar acara sosialisasi sinkronisasi Jurnal ke Sinta bagi semua Dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pelaksanaan sosialisasi di Meeting Room FEBI lantai 3 pada Kamis, 22 Juni 2023. Acara ini diselenggarakan dalam upaya untuk meningkatkan update Sinta Score sebagai kebutuhan akreditasi Institusi, dan Program Studi, Pemeringkatan Sinta, pengurusan Jabatan Fungsional, pengurusan sertifikasi dosen, sinkronisasi portofolio publikasi Dosen dan pengajuan Akreditasi/ Reakreditasi Jurnal Nasional.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FEBI UIN K.H Abdurrahman Wahid, Dr. Hj Shinta Dewi Rismawati, S.H,M.H. dalam sambutan beliau mengatakan bahwa penting bagi dosen untuk mengupdate dan mensinkronkan jurnal ke Sinta. “Kinerja dosen dapat dikatakan baik salah satu ukurannya dari publikasi dosen yaitu berupa jurnal, prosiding, buku ajar, HAKI dan lainnya, sehingga perlu mengupdate akun profil Sinta yang disingkronkan dengan semua jurnal atau publikasi baik di Scopus ID, WoS Researcher ID, Garuda ID, dan GS ID.” Ungkap beliau.

Hadir sebagai pemateri dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Mochammad Achwan Baharuddin. S.Th.I, M.Hum (Plt) Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan. Materi yang disampaikan dalam kegiatan antara   lain pemutakhiran profil Sinta Dosen, marge Authors Request Garuda, petunjuk pengisian My SINTA yang terdiri dari publication Scopus, publikations Wos, Publications Google, Publications Garuda, Books, IPRs, Research, Com. Service, Product Prototype.

Hasil dari kegiatan tersebut dapat dirangkum dalam beberapa hal yang harus dilakukan oleh dosen yaitu

  1. Dosen yang belum memiliki akun ID Sinta dapat melakukan registrasi di https://sinta.kemdikbud.go.id/logins/registration
  2. Apabila dosen yang telah memiliki akun ID Sinta dapat mengupdate profil di menu my profile dan masuk ke My SINTA
  3. Marge Authors Request Garuda untuk menggabungkan ID Garuda yang berbeda-beda.
  4. Sinkronisasi data SINTA dengan PDDikti. Diharapkan dengan acara ini dapat memberikan kemudahan bagi para dosen untuk pengurusan jabatan fungsional, dan membantu akreditasi jurnal, program studi dan Institusi. Acara ditutup dengan foto Bersama.

 

Penulis : Jilma Dewi Ayu Ningtyas

Last modified on Tuesday, 27 June 2023 09:17