Tuesday, 13 June 2023 11:53

Melek Digital, FEBI Mengikuti Kegiatan Aktivasi IKD

Written by

Kajen (7/7),  Dalam rangka meningkatkan Literasi Digital masyarakat Kab. Pekalongan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan mengadakan acara DUKCAPIL GOES TO CAMPUS untuk memfasilitasi civitas akademik dalam layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang diperuntukan  bagi seluruh civitas akademika (dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, hal ini sebagai upaya untuk mendukung dan meningkatkan literasi digital civitas akademik FEBI supaya melek teknologi salah satunya melalui digitalisasi KTP. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Juni 2023 yang bertempan di Loby Lantai 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Kegiatan ini didampingi langsung Oleh KaBag TU FEBI, Bpk. Arif Rachman, S.Ag. untuk memantau kelancaran jalannya acara tersebut dimana dalam kegiaatanya civitas akademik FEBI sangat antusias untuk mengikutinya, baik mahasiswa maupun dosen-dosen.  “Kegiatan ini sangat bagus, bisa meningkatkan pengetahuan digital masyarakat dan mempermudah dalam mengakses ataupun memperbaharui data diri secara mandiri dan terintegrasi melalui aplikasi” ungkap Arif

IKD (Identitas Kependudukan Digital) adalah data kependudukan representasi penduduk dalam aplikasi digital yang melekat pada seseorang dan terdaftar sebagai penduduk, aktivasi IKD merupakan kebijakan nasional yang disosialisasikan kepada masyarakat luas yang bertujuan untuk mempermudah memverifikasi data diri tanpa harus membawa kartu fisik. (Syifa/Nuzulul)