Thursday, 20 July 2023 15:14

Satuan Pengawasan Internal melakukan Pemeriksaan Operasional Kegiatan tahun Anggaran 2023

Written by

Kajen (17/7) , Dalam rangka untuk menciptakan tata kelola yang baik dan good governance Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dilakukan Pemeriksaan Operasional Kegiatan Semester I (Januari – Juni) oleh Satuan Pengawasan Internal UIN K.H. Abdurrahman Wahid pekalongan selama 1 (satu) hari, yaitu tanggal 17 Juli 2023 di Meeting room lantai 3 FEBI. SPI menerjunkan 5 personil  yang diketuai langsung Ketua SPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan . Kegiatan ini dibuka oleh Dekan yang menjelaskan tujuan dengan adanya Audit SPI yaitu untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan serapan anggaran yang telah ditargetkan untuk segera dibuat laporan sebagai pertanggungjawaban. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan FEBI, Pengelola dan Tenaga Kependidikan .

Adapun  kegiatan ini memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk menilai pelaksanaan kegiatan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berdasarkan dasar hukum yang berlaku.
  2. Untuk mengidentifikasi berbagai kelemahan untuk perbaikan, mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban kegiatan yang didukung dengan kelengkapan administrasi.
  3. Mencari peluang untuk penyempurnaan dan pengembangan kegiatan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
  4. Pengembangan rekomendasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Pemeriksaan dilakukan berdasarkan RKA K/L Kegiatan  di Fakultas pada Semester I ( Januari – Juni) Tahun 2023,  TOR / KAK/ Proposal Kegiatan yang sudah disetujui  oleh SPI, dengan mencocokan dengan Bukti Penerimaan Honorarium, Bukti - bukti belanja, pengadaan barang / jasa maupun kontrak  dan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan (LPJ).

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan hasil pemeriksaan dan rekomendasi kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (Nuzulul/Syifa).