Thursday, 20 July 2023 15:08

TINGKATKAN PELAYANAN PRIMA, FEBI UIN GUSDUR GELAR SHORT COURSE “PEMANFAATAN TI”

Written by

Kajen (18/7) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Short Course Pelayanan Prima. Kegiatan ini mengambil tema yang sangat menarik yaitu Optimalisasi Layanan Administrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Melalui Transformasi Digital. Tema ini diambil karena sangat pas dengan kondisi saat ini khususnya di Perguruan Tinggi, Karena perubahan dan perkembangan informasi dan teknologi semakin maju dan pesat, hal ini menyebabkan penyebaran informasi sudah tidak lagi mengenal ruang dan waktu.

Kegiatan Short Course Pelayanan Prima ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari tanggal 18 Juli yang diikuti oleh Pengelola dan Tenaga Kependidikan FEBI. Pengguna internet yang kian hari makin bertambah mempengaruhi tingkat pengaksesan informasi, oleh karena itu semakin banyak muncul ide-ide baru dalam dunia teknologi informasi seperti bermunculannya aplikasi-aplikasi media Sosial dan Jejaring sosial. “Tak dapat dihindari bahwa banyak pula orang-orang yang terjun ke dalam dunia teknologi informasi karena dalam segi kehidupan masyarakat pasti akan terlibat akan adanya komunikasi dan informasi “, ujar Kepala Bagian TU Arif Rachman, S.Ag. dalam sambutan pembukaannya.

Dalam kegiatan ini diisi oleh narasumber Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Bapak Nur Rokhman, S.Sn, M.Kom. Dalam kegiatan ini para peserta diberikan pelatihan tentang pemanfaatan Google Sites dalam pembuatan web. Dengan google site, kite bisa membuat web tanpa coding, bebas biaya hosting dan penyimpanannya di google sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar atau gratis. Fitur yang ditampilkan pada halaman web yang dibuat menggunakan google site pun bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan bisa disisipi dengan berbagai macam fitur yang bermacam-macam, contohnya video, teks, gambar, kode html, ppt , link drive , dan masih banyak sesuai dengan kebutuhan pembuat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan civitas akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan bisa lebih melek teknologi dan bisa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk memudahkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. (Nuzulul/syifa).