Wednesday, 31 May 2023 10:14

FEBI UIN Gus Dur Dukung AFEBIS Luncurkan Website dan Jurnal Baru (JIDSow)

Written by

Dalam rangka menguatkan mutu akademik para dosen ekonomi syariah, rapat nasional AFEBIS di Samarinda meluncurkan jurnal baru di bawah kelolaah AFEBIS. Ketua umum AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A., menuturkan, bahwa peluncuran Jurnal baru merupakan langkah strategis dalam meningkatkan aksesibilitas AFEBIS sebagai tempat berhimpunnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dari seluruh PTKIN di Indonesia. Jurnal ini nanti bisa menjadi media para dosen ekonomi Islam untuk memperoleh jejang kepangkatan yang lebih tinggi. Lebih dari itu, bisa menjadi wadah hasil riset tentang ekonomi syariah dari berbagai belahan dunia.

AFEBIS juga membuat terobosan penting dengan meluncurkan jurnal yang bernama Journal of Islamic Development and Social Welfare (JIDSoW). Menurutnya, penerbitan Jurnal ini merupakan ikhtiar atas kondisi obyektif keberadaan jurnal di seluruh FEBI yang sampai saat ini belum ada yang terindeks Scopus.

Dalam kesempatan ini, Editor in Chief International Journal of Islamic Business and Economic (IJIBEC), FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dr. Kuat Ismanto didapuk sebagai ketua pembentukan. Setelah disepakati oleh peserta rapat maka, tim mulai menyiapkan website, kebijakan jurnal, editor dan reviewer dari berbagai benua, dan aspek lainnya. Junal yang diterbitkan oleh AFEBIS ini, FEBI UIN Gus Dur dengan penuh semangat akan membantu penerbitannya dan diharapkan bisa menjadi jurnal internasional bereputasi, baik WoS maupun Scopus.

Peluncuran ini dilaksanakan pada acara Workshop Penguatan Jurnal dan Seminar Nasional, di Samarinda, Kaltim pada Kamis (25/05/2023) di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda. Acara terlaksana atas kerjasama AFEBIS dengan FEBI UIN Sultan Aji Muhammad Idris.

Last modified on Wednesday, 31 May 2023 10:19