Monday, 04 September 2023 13:54

Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Raih Medali Emas di Olimpiade Internasional

Written by

Pekalongan-- Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Universitas Negeri Islam (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) mampu menorehkan keberhasilan yang membanggakan pada kompetisi internasional pada ajang The 1st International Olympiad On Islamic Economics and Businees (IOSIE) 2023.

Keberhasilan yang membanggakan ini diraih oleh Salsabila Natasya Wibowo dengan meraih medali emas (juara I) dalam cabang Research Poster Competition pada kegiatan IOSIE yang diselenggarakan kerja sama antara Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kegiatan IOSIE mengundang perhatian sepuluh negara yang ikut serta, termasuk Mesir, Australia, Sudan, Inggris, Thailand, Bahrain, Malaysia, New Zealand, Arab Saudi, dan Indonesia. Lebih dari 392 peserta dari berbagai belahan dunia telah mengukir jejaknya dalam 15 lomba yang dipersiapkan dalam rangkaian ajang olimpiade ini.

Rangkaian puncak final IOISE dilaksanakan di kampus UIN Raden Mas Said Surakarta selama periode 29 s.d 31 Agustus 2023. Pada acara ini, turut hadir dekan FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Dr. Shinta Dewi Rismawati, beserta Ade Gunawan kaprodi akuntasi syariah dan Drajat Stiawan sekprodi perbankan syariah. Ajang kompetisi ini juga sebagai sarana untuk membangun jembatan kolaborasi internasional.

Tidak hanya Salsabila Natasya Wibowo yang berhasil meraih juara I, ada 6 mahasiswa yang berhasil masuk final. yakni pada lomba karya tulis ilmiah (Amelia Praesty Saputri, Marshell Bahreiza Dana Putra, Muhammad Luki Faturrokhman), Lomba poster penelitian ( Fifi Afista ), Lomba Poster Kreatif Kampanye Islam (Maryani Ayu Rahmawati)  dan Lomba Fothografi (Rama Budi Setiawan), walaupun belum berhasil membawa pulang medali kemenangan, akan tetapi bisa melaju sampai ke babak final sudah merupakan capaian yang membanggakan.

Melalui kompetisi ini, mahasiswa juga diharapkan dapat mempertajam kompetensi intelektual mereka serta meningkatkan keterampilan dalam konteks ekonomi Islam. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah yang sangat tepat untuk membuka peluang kompetisi yang sehat, kolaborasi yang bermakna, serta interaksi lintas budaya di skala internasional.

Dekan FEBI Dr. Dewi Shinta Rismawati sangat bersyukur dengan perolehan medali emas ini, dan berharap pada event yang akan datang mahasiswa FEBI lebih banyak yang berpartisipasi. “Alhamdulillah dan Luar biasa bisa memperoleh medali emas, terima kasih pada mahasiswa dan seluruh tim yang sudah mempersiapkan dengan baik. kami akan terus mendukung mahasiswa-mahasiswa untuk meraih lebih banyak prestasi dimasa mendatang. Berharap ke depan lebih banyak yang turut serta dan banyak yang menjadi juara,” Pungkasnya.

Pencapaian yang membanggakan ini diharapkan mampu menjadi inspirasi dan motivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Drajat S