Thursday, 24 August 2023 08:15

Mahasiswa FEBI Menjadi Presenter International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah, and Waqf (IEIBZAWA) 2023

Written by

Dua Mahasiswa FEBI menjadi presenter The 1st International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah, and Waqf (IEIBZAWA) 2023 pada Rabu, 23 Agustus 2023 di Hotel Luminor Purwokerto. Dua mahasiswa tersebut adalah Rizky Andrean dan M. Umar Andreanto. Keduanya merupakan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Acara tersebut merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Pada acara yang memiliki tema “Islamic Economics and Banking as a Modern Islamic Civilization” tersebut, mereka berkesempatan untuk memaparkan paper dari riset yang sudah mereka lakukan.

Rizky memaparkan papernya yang berjudul “Employee Loyalty Determinants at KSPPS BTM Pekalongan: Job Satisfaction as a Mediating Variable”. Paper tersebut merupakan hasil risetnya mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi loyalitas karyawan di KSPPS BTM Pekalongan. “KSPPS merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang banyak terdapat di Indonesia. Di antara KSPPS yang ada di Indonesia adalah KSPPS BTM Pekalongan yang telah eksis selama lebih dari dua dekade, memiliki puluhan ribu anggota, aset senilai ratusan miliar, belasan kantor cabang dan ratusan karyawan. Loyalitas karyawan mutlak diperlukan oleh lembaga keuangan seperti KSPPS BTM Pekalongan. Riset saya merupakan riset kuantitatif. Hasil riset yang saya lakukan menunjukkan bahwa loyalitas karyawan di KSPPS BTM Pekalongan dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja, kompetensi sumber daya insani, dan kualitas kehidupan kerja yang dimiliki oleh karyawan lembaga keuangan mikro syariah tersebut”, paparnya. Dalam risetnya, dia dibimbing oleh Bapak M. Aris Safi’i, M.E.I. dan Dr. Tamamudin, M.M.

Adapun Umar memaparkan papernya yang berjudul “Development of Minggon Jatinan Culinary Tourism Based on KHAS (Halal Culinary, Safe, and Healthy)”. Paper tersebut merupakan hasil risetnya mengenai bagaimana pengembangan Minggon Jatinan menjadi destinasi wisata kuliner halal yang memnuhi aspek KHAS. “Riset saya merupakan riset kualitatif mengenai pengembangan wisata kuliner halal. Minggon Jatinan merupakan salah satu wisata kuliner yang cukup populer di Kabupaten Batang. Minggon Jatinan memiliki nilai keunikannya tersendiri, salah satunya adalah penggunaan kreweng dalam transaksinya. Kita ketahui bahwa mayoritas warga Batang dan sekitarnya merupakan kaum Muslim. Sehingga ke depan, Minggon Jatinan dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata kuliner halal yang sesuai dengan aspek KHAS (Kuliner Halal Aman dan Sehat)”, paparnya.

Dalam Menyusun paper tersebut, Umar dibimbing oleh Dr. Hendri Hermawan Adinugraha, M.S.I. Beliau merupakan dosen FEBI yang memang mempunyai konsentrasi studi pada bidang manajemen halal. Bimbingan tersebut Umar dapatkan secara intensif melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Dustur Halal yang dibina langsung oleh Dr. Hendri. “Paper tersebut saya susun dengan bimbingan Dr. Hendri di UKM Dustur Halal. Melalui UKM tersebut, saya mendapat kesempatan untuk belajar mengenai kajian halal dan mengikuti event international conference ini”, ungkapnya.