Thursday, 24 August 2023 08:20

Dosen FEBI Presentasikan Paper dalam Acara International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah, and Waqf (IEIBZAWA) 2023

Written by

Dua Dosen FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melakukan presentasi paper dalam acara The 1st International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah, and Waqf (IEIBZAWA) 2023. Kedua dosen tersebut adalah Dr. Tamamudin, M.M. (Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan FEBI) dan M. Aris Safi’i, M.E.I. (Ketua Program Studi Ekonomi Syariah). Acara tersebut merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada Rabu, 23 Agustus 2023 di Hotel Luminor Purwokerto.

Paper yang dipresentasikan oleh kedua dosen tersebut merupakan hasil kolaborasi penelitian bersama mahasiswa program studi ekonomi syariah yaitu Rizky Andrean. Penelitian tersebut memiliki fokus utama pada bidang kajian manajemen sumber daya insani dalam lembaga keuangan mikro syariah. Dr. Tamamudin, M.M. memaparkan bahwa paper yang dipresentasikan merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. “Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini mencoba mengkaji suatu fenomena sosial berupa variabel-variabel yang berkaitan dengan manajemen sumber daya insani di lembaga keuangan mikro syariah dengan menggunakan analisis statistika”, paparnya.

Adapun M. Aris Safi’i, M.E.I. menjelaskan bahwa teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur yang merupakan pengembangan dari analisis regresi linier berganda. “Teknik analisis data dengan analisis jalur tentunya lebih kompleks daripada analisis regresi linier berganda yang biasa. Pada analisis regresi linier berganda umumnya hanya menguji hipotesis mengenai pengaruh parsial dan simultan variabel independen (prediktor) terhadap vaiabel dependen (respon). Sedangkan pada analisis jalur, analisis data juga menggunakan variabel mediasi atau yang umum dikenal sebagai variabel intervening. Variabel ini digunakan untuk membantu dalam menjelaskan dan memahami hubungan yang kompleks antara variabel independen dan variabel dependen”, jelasnya.

Sebelumnya, acara presentasi paper ini didahului dengan acara Seminar Internasional dengan pembicara Prof. Dr. Muhammad Hakimi Mohd. Shafiai (Profesor Ekonomi Islam Universiti Kebangsaan Malaysia) dan Almir Colan (Director of Australian Centre for Islamic Finance) yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoA. FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan turut mengambil bagian dalam penandatanganan MoA yang dilakukan secara langsung oleh Dekan FEBI, Dr. Shinta Dewi Rismawati S.H., M.H., didampingi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama FEBI, Dr. Achmad Tubagus Surur, M. Ag.