Monday, 21 August 2023 09:39

Kunjungan Profesor American University Mesir ke FEBI UIN Gusdur bawakan materi “The Economy of Zakat and Wakaf: Lessons Learnt from Egypt”

Written by

Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kasbah dari American University, Kairo, Mesir berkunjung ke FEBI UIN Gusdur pada 18 Agustus 2023. Acara ini berlangsung di Meeting Room FEBI Lantai 3 dan dihadiri oleh pimpinan, dosen serta perwakilan ormawa Fakultas.

Prof. Mustofa Dasuki memaparkan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang zakat dan wakaf di zaman kontemporer. Zakat merupakan rukun Islam ke-3 yang menjadi kewajiban seorang muslim yang memiliki harta yang telah mencapai nisab (setara 85 gram emas), telah mencapai satu tahun (haul), sedangkan wakaf memiliki arti menahan sesuatu.

Umat muslim wajib untuk mengeluarkan zakat mereka dan jika zakat diambil dari masyarakat suatu daerah, maka pendistribusiannya harus dilakukan di daerah tersebut, namun jika daerah tersebut memiliki kelebihan atas harta zakat maka boleh disalurkan ke daerah lain di sekitarnya. Peruntukkan zakat adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar 8 asnaf, karenanya zakat harus didistribusikan sesegera mungkin dan tidak disarankan untuk diinvestasikan. Hal ini berbanding terbalik dengan wakaf, pendayagunaan wakaf tidak boleh didistribusikan secara cuma-cuma namun harus dikelola secara professional sehingga manfaatnya akan terus berkembang dan dirasakan banyak orang namun pokok hartanya tidak akan berkurang (juga berkembang).

Menurut Prof. Mustofa Dasuki, wakaf harus diinvestaikan pada sektor-sektor keuangan dan sektor riil sehingga dapat memperoleh imbal hasil yang besar dan dapat disalurkan dalam program pendidikan, pengentasan kemiskinan, pembedayaan ekonomi dan program kesehatan masyarakat.

Prof. Mustofa Dasuki memberikan contoh pengelolaan wakaf sukses yang dilakukan oleh beberapa universitas di Amerika dan Syekh Sulaiman Ar Rajhi di timur tengah. Beliau juga berpesan supaya kita sebagai umat muslim jangan mendiskreditkan potensi yang dimiliki

Last modified on Tuesday, 22 August 2023 07:40