Monday, 21 August 2023 09:36

Kerjasama FEBI UIN Gus Dur dan American University Mesir selenggarakan International Guest lecturer

Written by

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menyelenggarakan International guest lecturer pada 18 Agustus 2023 dengan mendatangkan Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kasbah dari American University, Kairo, Mesir. Acara yang diselenggarakan secara luring di Meeting Room FEBI Lantai 3 dan daring melalui zoom ini sukses terselenggara berkat kerjasama kedua instansi.

Acara guest lecturer dihadiri oleh pimpinan FEBI, dosen dan perwakilan organisasi kemahasiswaan. Wakil dekan bidang kerjasama dan kelembagaan FEBI, dalam sambutannya mengatakan jika international guest lecturer adalah salah satu program FEBI untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan sdm serta implementasi visi misi instansi untuk meningkatkan daya saing dalam kancah internasional.

Materi yang dibawakan Prof. Mustofa Dasuki memiliki tema The Economy of Zakat and Wakaf: Lessons Learnt from Egypt. Banyak pelajaran mengenai pengelolaan zakat dan wakaf yang dilakukan oleh Mesir dalam membangun kesejahteraan ummat, termasuk dalam mengembangkan universitas.

Prof Mustofa Dasuki menjelaskan, faktor utama yang memiliki dampak signifikan terhadap maju mundurnya pengelolaan zakat dan wakaf pada suatu negara bertumpu pada Amil zakat dan Nazir wakaf pada kedua lembaga tersebut. Beliau sangat menekankan pentingnya profesionalisme dalam pengelolan zakat dan wakaf, sehingga manfaat dari kedua instrument keungan Islam tersebut akan dirasakan oleh masyarakat secara maksimal.

Terakhir, beliau berpesan agar kita semua dapat belajar dari contoh sukses pendayagunaan wakaf baik yang dikembangkan di Timur Tengah maupun wakaf (endowment fund) yang dikembangan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Amerika Serikat. (Izzat/febi uin gusdur)