Monday, 21 August 2023 09:30

FEBI UIN Gusdur Gelar Seminar Internasional dengan Pakar Ekonomi dan Keuangan Islam dari American University di Mesir

Written by

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan (FEBI UIN Gusdur) gelar seminar internasional bertemakan “The Economy of Zakat and Wakaf: Lessons Learnt from Egypt”,pada 18 Agustus 2023 bertempat di Meeting Room Lantai 3 FEBI UIN Gusdur.

Kegiatan seminar internasional ini dilaksanakan secara hybrid (online melalui zoom dan offline).  Pada kegiatan seminar internasional ini dihadiri Ketua dan Sekretaris Program Studi Ekonomi Islam, Ketua dan Sekretaris Program Studi Perbankan Syariah, Ketua dan Sekretaris Program Studi Ekonomi Syariah dan puluhan dosen serta mahasiswa FEBI UIN Gusdur.

Pada seminar internasional kali ini, FEBI UIN Gusdur bekerja sama dengan American University di Kairo. Narasumber pada seminar internasional ini disampaikan oleh Pakar Ekonomi dan Keuangan Islam dari Mesir, Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kasbah selaku dosen American University di Kairo dan Dr. Shinta Dewi Rismawati serta Muhammad Shulthoni, Ph.D. dari FEBI UIN Gusdur. Dalam seminar tersebut, Prof Dr. Mustofa Dasuki Kasbah membahas tentang “The Economy of Zakat and Wakaf: Lessons Learnt from Egypt”. Seminar ini dibuka oleh Wakil Dekan I FEBI UIN Gusdur, Dr. Tamamudin, M.M

Prof. Mustofa Dasuki menekankan dalam materinya akan pentingnya profesionalisme dalam pengelolan zakat dan wakaf, sehingga masyarakat akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari kedua instrument keungan Islam tersebut.

Terakhir, beliau berpesan agar kita semua dapat belajar dari contoh sukses wakaf-wakaf baik yang dikembangkan di Timur Tengah maupun wakaf (endowment fund) yang dikembangan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Amerika Serikat (thoni/febi uin gusdur).