Thursday, 09 November 2023 14:57

JELANG AKHIR TAHUN, FEBI UIN GUS DUR GELAR PENDAMPINGAN DAN MONITORING ANGGARAN.

Written by

Kajen (9/11) Satuan Pengawas Internal UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melakukan Pendampingan dan Monitoring Penggunaan Anggaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjelang akhir tahun 2023. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan capaian kinerja dan keterserapan anggaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 9 November 2023 di meeting room lantai 3 FEBI. Dengan ketua dan anggota tim handalnya adalah Agus Arwani, S.E.Akt, M.Ag, Agung Barok Pratama, S.H., M.H dan Farah Dila, S.E.

Dekan FEBI Prof. Dr. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H.,mengawali kegiatan  ini dengan menyampaikan apresiasi atas prestasi kerja keras yang telah dilakukan jajaran pengelola, dosen dan staf administrasi. Selain itu juga menyambut dengan baik kehadiran tim SPI untuk pendampingan dan monitoring penggunaan anggaran, sehingga menjadikan tata kelola FEBI menjadi lebih baik dan unggul. Dalam penyusunan borang akreditasi akan semakin mudah dengan kelengkapan dokumen prestasi kegiatan baik berbasis anggaran maupun akademik.tutur Prof.Shinta.

Sementara itu, ketua tim SPI Agus Arwani, S.E., M.Ag menekankan agar kepada pengelola FEBI bahwa saat ini kita sudah masuk pencairan yang berbasis BLU. Segala macam aset yang ada di lingkungan FEBI harus dioptimalkan untuk peningkatan pendapatan. Jangan sampai asset negara “tidur nyenyak”. Berbagai kegiatan dalam rangka untuk peningkatan akreditasi dengan melalui upgrading pegawai maupun dosen  dengan mengirim delegasi untuk seminar, pelatihan, short course, guest lecture dan lain sebagainya. Pengelola keuangan PPK supaya lebih teliti dan detail keterkaitan kelengkapan dokumen keuangan, karena era BLU pembayaran keuangan berbasis rekening cash lesh kepada pihak ketiga. Sebagai informasi bahwa tahun depan 2024 akan diberlakukan sebuah aturan kinerja dengan istilah Indek Kinerja Utama sebagai motivasi para pegawai maupun dosen.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. AM. M. Khafidz MS, M.Ag, menyampaikan bahwa sebagian besar kegiatan sudah terlaksana dan terealisasi dan sudah dibuat laporan sebagai bentuk akuntabilitas sebuah kegiatan. Sekarang ini kita banyak tantangan terhadap berbagai kegiatan, diantaranya harus mengoptimalkan semua aset FEBI supaya menjadi bagian dari Unit Generating Income. Maka dari itu insya allah tanggal 29 November 2023 nanti, FEBI akan mengadakan workshop Optimalisasi Aset Negara.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan ada beberapa catatan kecil tambahan untuk perbaikan. Catatan kecil yang sangat ditunggu dalam rangka untuk bahan evaluasi menuju tata kelola yang lebih baik sehingga akan mendekati kesempurnaan.

Reporter          : Nuzulul

Editor              : Aprin Yudhiarto, S.Pd.I