Monday, 14 August 2023 15:25

FEBI UIN GUSDUR PEKALONGAN GELAR SOSIALISASI PEMBELAJARAN 2023: MELANGKAH BERSAMA MENUJU KESUKSESAN STUDI DENGAN ILMU DAN ETIKA

Written by

Kajen (14/8) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) untuk Mahasiswa Baru (MABA) 2023 dilaksanakan selama 2 hari, Senin dan Rabu14 dan 16 Agustus 2023 bertempat di Halaman FEBI UIN Gus Dur, Rowolaku, Kajen.

Diikuti 558 peserta yang merupakan mahasiswa baru, dengan rincian Prodi Perbankan Syariah berjumlah 183, Prodi Akuntansi Syariah berjumlah 162 dan Prodi Ekonomi Syariah berjumlah 213. Acara dibuka langsung oleh Dekan FEBI Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H., serta menghadirkan narasumber dari Carier Development Centre (CDC) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Dr. Hj. Siti Mumun Nuniroh, S.Psi, M.A., dengan moderator  Mezsa Astri Daniswari, S.E., MM.

Dalam sambutannya Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H., selaku Dekan FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menuturkan bahwa persaingan untuk menjadi mahasiswa FEBI sangat ketat, sehingga mahasiswa yang ada di sini merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan. “Waktu kuliah cukup 3,5 tahun, dan dengan adanya MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) mahasiswa boleh memilih untuk penulisan skripsi atau menulis artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Shinta 2”, tutur Shinta

Lebih lanjut Shinta menambahkan bahwa kegiatan Sosialisasi Pembelajaran dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa baru memasuki dunia perguruan tinggi, yang tentu saja berbeda dari jenjang pendidikan sebelumnya. Memasuki dunia Pendidikan tinggi merupakan transisi baik secara psikologis, intelektual, dan sosial.

Dr. Hj. Siti Mumun Nuniroh, S.Psi, M.A., Ketua  Carier Development Centre UIN Gus Dur memaparkan bahwa masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan impian mereka dan berani mecoba untuk melakukan perubahan untuk maju. “Karena perubahan dan kemajuan zaman semakin cepat, sehingga kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang dan yang akan datang. Selain itu kita harus mengenali maupun mengupgrade potensi diri sehingga menjadi mahasiswa unggul dan sarjana yang segudang prestasi dan pengalaman”, papar Siti.

Sementara paparan dari Ketua Program Studi Perbankan Syariah, M. Shulthoni, M.S.I., M.A., Ph.D., menjelaskan tentang kiat sukses kuliah di UIN Gus Dur agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, sehingga para mahasiswa diminta harus mengerti dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. “Mengingat banyaknya kegiatan yang harus dijalankan mahasiswa mulai dari kegiatan perkuliahan, bimbingan dengan dosen, hingga kegiatan kemahsiswaan.  Selain itu, metode dan tujuan belajar ditentukan oleh mahasiswa sendiri sesuai dengan kemampuan dan kompetensi masing-masing”, ujar Shulthoni.

Selain itu paparan dari Ketua Program Studi Syariah Ade Gunawan, M.M., menjelaskan bahwa prospek lulusannya untuk menjadi Akuntan Muda yang unggul dan professional sehingga perlu bekal dan strategi yang jitu di era milineal ini. Selain itu seorang Akuntan bisa memberikan penasehat (advisor) dalam pengambilan keputusan.

Selain itu dalam kesempatan yang sama dari Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Muhammad Aris Safi’I, M.E.I., menjelaskan kurikulum dan sebaran mata kuliah yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan lulusan tepat waktu, sehingga prospek lulusan bisa segera bergabung dan berkompetisi. Selain itu juga memberikan tips dan trik supaya lulus tepat waktu diantaranya kenali potensi diri, pahami buku-buku panduan akademik, mendapatkan nilai maksimal pada setiap semester, membuat rancangan akademik. Selain itu juga menjelaskan tentang Etika dalam mengirim pesan, apalagi sekarang era serba digital. Seperti waktu pengiriman pesan, menggunakan Bahasa ndonesia yang baik dan benar (bukan Bahasa gaul), menunjukkan poto profil, dimulai dengan Salam (Assalamu’alaikum), tuliskan identitas nama dan nim, kepeluan dengan jelas dan singkat dan diahiri dengan salam (Wassalamu’alaikum)

Reporter : Nuzulul

Editor  : Anik Maghfiroh

Last modified on Monday, 14 August 2023 15:38