Monday, 29 May 2023 14:14

Pengelola Jurnal IJIBEC FEBI UIN Gus Dur Sampaikan Materi Tata Kelola Jurnal Sinta 2 di AFEBIS

Written by

Editor in Chief Jurnal IJIBEC, Dr. Kuat Ismanto, M.Ag. menyampaikan materi tata Kelola jurnal Sinta 2 di Rapat Koordinasi Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS). Kegiatan ini telah berlangsung dari 25 s.d. 27 Mei 2023 ini dilaksanakan di Ballroom lt.2 Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis (25/5).

Acara dibuka oleh Dekan FEBI UINSI Samarinda Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan menghadirkan Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A. selaku Ketua Umum AFEBIS serta Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag. selaku Sekretaris Jenderal AFEBIS. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan disela-sela kunjungan AFEBIS ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai salah satu bentuk dukungan AFEBIS terhadap pembangunan IKN.

Workshop penguatan jurnal dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama berbicara tentang urgensi penguatan jurnal menuju Sinta 2. Pemateri yang dihadirkan adalah Managing Editor jurnal Muqtasid, Agung Guritno. Pada materi kedua, sebagai narasumber, Kuat Ismanto, Editor in Chief Jurnal IJIBEC UIN Gus Dur Pekalongan (SINTA2). Kemudian, Nasrul Fahmi Zaki Fuadi, Editor in Chief jurnal Economica UIN Walisongo Semarang (SINTA 2) dan M. Arif, Managing Director Jurnal Syirkah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta (SINTA 2). Para pemateri menyampaikan strategi dan pengalamannya bagaimana mengelola jurnal di lingkungan FEBI menuju Sinta 2.

Pada kesempatan ini, EiC IJIBEC menyampaikan pengalaman tata kelola jurnal menuju sinta 2. Hal-hal yang perlu diperhatikan dari jurnal sinta 2 adalah stabilitas website, tata kelola artikel di OJS, penentuan editor dan reviewer. Yang tidak kalah penting adalah kualitas artikel dari sisi bahasa dan kontribusi keilmuan. Pemateri juga menyampaikan strategi memperoleh artikel dan reviewer yang baik. Meski demikian, semangat pengelola harus menjadi perhatian para pimpinan di fakultas.

Dalam sesi kedua para pemateri membahas Strategi Pengembangan Jurnal Ekonomi Islam Menuju Scopus. Ada pun pemateri yang dihadirkan adalah Dr. Ascarya, MBA., M.Sc (Managing Editor Jornal of Islamic Monetary Economic and Finance (JIMF), Wahibur Rokhman, S.E., M.Si., Ph.D. (Editor in Chief Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS) dan Prof. Dr. Achmad Sani Supriyanto, M.Si., dari FEBI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.