Thursday, 24 August 2023 14:06

PERSIAPAN BLU: PEGAWAI FEBI UIN GUS DUR IKUTI BIMTEK PERSIAPAN MIGRASI

Written by

Pekalongan (24/8) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengikuti Bimbingan Tekhnis Persiapan Migrasi Tata Kelola Keuangan menjadi Badan Layanan Umum. Kegiatan ini merupakan undangan dari Rektorat UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang diadakan selama 2 hari yakni Kamis dan Jumat, 24 dan 25 Agustus 2023 bertempat di Ruang Meeting, Gedung Rektorat Lantai 3, Panjang Kota Pekalongan.

Hadir secara langsung dalam acara Kepala Biro Umum, Akademik, Perencanaan dan Keuangan UIN Gus Dur, Ferimeldi, Ph.D., dan Wakil Rektor II UIN Gus Dur Pekalongan, Drs. Moh. Muslih, Ph.D.

Dalam sambutannya Kepala Biro Umum, Akademik, Perencanaan dan Keuangan UIN Gus Dur, Ferimeldi, Ph.D., menuturkan bahwa dalam waktu dekat pengelolaan keuangan kita akan berubah dari pengelolaan keuangan PNBP ke pengelolaan keuangan BLU. Maka perlu segera menyiapkan diri dengan menyegerakan melaksanakan kegiatan yang belum dilaksanakan. “Karena apabila SK BLU sudah terbit maka anggaran kegiatan akan dihentikan sementara untuk penyesuaian atau migrasi ke BLU. Perguruan tinggi negeri yang diizinkan untuk menerapkan pola BLU, maka pengelolaan keuangan dapat dilakukan lebih fleksibel dengan mengutamakan produktivitas, efisiensi dan efektivitas”, tutur Ferimeldi.

Ferimeldi menambahkan pola pengelolaan keuangan BLU dimaksudkan agar perguruan tinggi negeri sebagai instansi pemerintah dapat meningkatkan pelayanannya kepada mahasiswa, masyarakat dan para pemangku kepentingan. “Jumlah mahasiswa terus berkembang setiap tahunnya, ini menunjukan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat semakin tinggi. Dan itu tidak terlepas dari upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan pengembangan infrastruktur dan SDM baik dosen maupun tenaga pendidik,” tambah Ferimeldi.

Guna kemantapan dan pemahaman BLU Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengirim 4 pegawai yang kompeten sesuai di bidangnya untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu Dr. AM. M. Khafidz MS, M.Ag., selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Arif Rachman, S.Ag., selaku Kepala Bagian Tata Usaha, Mohammad Iqbal, S.E., selaku Analis pengelola Keuangan APBN / PPK dan Matoya Ratna selaku Bendahara Pengeluaran Pembantu. Mereka dengan serius dalam mengikuti karena merupakan langkah awal untuk memasuki era BLU.

Reporter : Nuzulul

Editor     : Anik Maghfiroh

Last modified on Thursday, 24 August 2023 14:40