Friday, 14 July 2023 13:41

DEKAN FEBI UIN KH ABDURRAHMAN WAHID MENJADI GUEST LECTURER DALAM ACARA ASEAN EDUCATION FORUM DI NUS SINGAPURA

Written by

Singapura (10/07/2023) Bertempat di salah satu Ruang Meeting Business School National University of Singapore (NUS), Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Dr. Shinta Dewi Rismawati, MH. menjadi salah satu Guest Lecturer pada Asean Education Forum “Southeast Asean Volunteering and Conference Program Singapore-Malaysia 2023.” Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Asia diantaranya UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, IAIN Kudus, Sun Moon University, South Korea, Universitas Negeri Riau, dan Universitas Gadjah Mada, International Islamic University Malaysia(IIUM) dan National University of Singapura (NUS).

Kegiatan tersebut bertajuk Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Ibu dan Budaya Bangsa pada Era Global. Hadir sebagai pembicara selain Dekan FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Presiden PBMUKS (Persatuan Bahasa Melayu Universitas Kebangsaan Singapura - Malay Language Society), Saudara Muhammad Danial bin Jamil.

Dalam paparannya Shinta menyampaikan bahwa butuh beberapa pendekatan agar Bahasa ‘IBU’ tidak hilang tergerus oleh Zaman, diantaranya dengan pendekatan struktural dengan menggandeng pemerintah agar memasukkan Bahasa melayu sebagai mata pelajaran di setiap jenjang Pendidikan dan pendekatan Kultural dengan tetap mengedepankan penggunaan Bahasa melayu di dalam keluarga.

Hadirnya organisasi dan lembaga Bahasa Melayu di NUS diharapkan bisa mendukung penguatan bahasa Melayu di beberapa negara serumpun, supaya generasi selanjutnya tidak kehilangan identitas dan jati diri sebagai bangsa Melayu.