Monday, 17 July 2023 13:29

DOSEN FEBI MENJADI GUEST LECTURER DI NATIONAL UNIVERSITY OF SINGAPORE (NUS) PADA ASEAN EDUCATION FORUM

Written by

Senin (10/07/2023) Bertempat di ruang meeting Nasional University of Singapore, Lima Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mejadi Guest Lecturer pada Asean Education Forum pada Sesi Southeast Asean Volunteering and Conference Program 2023 Singapor-Malaysia. Lima dosen tersebut adalah Dr. Shinta Dewi Rismawati, MH. Dr.Tamamudin, MM. Muhammad Shulthoni, Lc., M.A., Ph.D., M. Aris Safii, M.Ei, dan Ade Gunawan M.M.

Di depan para peserta, kelima Dosen tersebut memaparkan pentingnya sebuah kajian budaya dan bahasa dalam rangka merawat dan menjaga bahasa ibu pertiwi sebagai suatu identitas. Lebih lanjut, mereka menyampaikan bahwa Globalisasi berdampak pada hilangnya penggunaan Bahasa “ibu” dibeberapa wilayah digantikan oleh Bahasa internasional, oleh karenanya  di perlukan sebuah kajian strategis agar budaya dan Bahasa local tidak punah oleh globalisasi dan kemajuan zaman. Lebih lanjut, eksistensi bahasa menjadi tabu diucapkan tetapi digunakan dalam madrasah di Indonesia.

Hadirnya sebuah organisasi dan lembaga Bahasa Melayu di National University of Singapore (NUS) diharapkan dapat  mendukung penguatan bahasa Melayu di beberapa negara asia khususnya asia tenggara, supaya generasi selanjutnya tidak kehilangan identitas dan jati diri sebagai bangsa Melayu.