Friday, 22 September 2023 15:08

DEKAN FEBI UIN GUSDUR, SHINTA DEWI RISMAWATI RAIH GELAR AKADEMIK TERTINGGI SEBAGAI GURU BESAR

Written by

Kajen (21/9) Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof. Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H. ditetapkan sebagai Guru Besar (Profesor) Bidang Ilmu Hukum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 47012/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dengan angka kredit sebesar 922. Surat Keputusan Guru Besar diserahkan oleh Sekretaris Jenderal, Prof. Dr. Nizar Ali pada hari Kamis, 21 September 2023 bertempat di Kantor Kementerian Agama RI Jakarta.

Prof. Shinta menyampaikan rasa syukur atas gelar tersebut. Ia menyebutkan dengan diberikannya gelar guru besar dapat menjadi pengingat kedepan harus senantiasa mengutamakan dan mementingkan sendi-sendi yang ada di masyarakat dalam pengejawantahannya. Meski begitu, dalam tradisi akademik di lingkup kampus, gelar guru besar merupakan hal yang lazim yang harus dicapai oleh seorang dosen. “Itu hanya tingkatan paling akhir dari jabatan fungsional, jadi sebenarnya biasa-biasa saja tak ada sesuatu yang diistimewakan. Dan yang terpenting adalah seorang guru besar harus mampu bersikap kritis, bukan malah sebaliknya,cenderung lebih suka berada di zona nyaman, zona yang nonkritis dan biasa-biasa saja, padahal problem kemasyarakatan problem kenegaraan itu menganga di depan kita”, ungkap Prof. Shinta.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa disisi lain seorang dengan jabatan guru besar atau profesor harus setidaknya membuat satu karya ilmiah setiap tahun. Sementara karya ilmiah bukan sebagai hal hanya normatif saja. Pembuatan karya ilmiah kalau bisa bertambah setiap tahunnya.”Untuk apa punya karya ilmiah, tapi juga melihat persoalan-persoalan yang ada di masyarakat cenderung asosial atau apolitis, itu bagi saya tak terlalu penting, karya yang baik dari seorang doktor dan akademisi ialah karya yang mampu dirasakan dan merasakan denyut-denyut nadi yang ada di masyarakat”, pungkas Prof. Shinta.

Segenap sivitas akademika UIN Gus Dur Pekalongan, khususnya pengelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menyambut hangat serta turut bangga atas gelar baru yang disandang oleh Prof. Shinta selaku Dekan.

Reporter          : Nuzulul

Editor              : Anik Maghfiroh

Last modified on Friday, 22 September 2023 15:21