Tuesday, 18 October 2022 16:03

Guest Lecture FEBI: Bisnis Digital dalam Era Disruption

Written by

Selasa (18/10/2022) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar kegiatan Guest Lecture. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini mengundang seorang Profesor dari Universiti Malaya sebagai pembicara. Bernama Lengkap Profesor Datin Sri DR Suhaiza Hanim Dato Mohamad Zailani, merupakan seorang Profesor yang banyak melakukan penelitian terkait bisnis digital. Dalam paparannya Prof. Datin menyinggung terkait pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, di antaranya ialah Malaysia dan Indonesia. Menurutnya, adanya pandemi menyebabkan terganggunya rantai suplai bisnis di seluruh dunia.

Dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan kalangan umum, kegiatan ini menekankan tentang kehadiran platform digital yang muncul karena adanya tuntutan “keadaan” yang menyebabkan masyarakat harus terus melakukan inovasi agar tetap bertahan. Adanya lockdown, karantina, dan anjuran sosial distancing menyebabkan suplai bahan baku dan distribusi menjadi terhambat, sementara konsumen harus tetap belanja demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit itu berjalan dengan penuh antusias. Kecakapan Prof Suhaiza dalam menghubungkan realita keadaan yang terjadi di dua negara menimbulkan semangat tanya dari para peserta kegiatan. Pada akhir diskusi, Prof Suhaiza memberikan closing statement bahwa pandemic as a “call for change” including the industry because the economic order will not be the same in the post-pandemic period. Menurutnya, industri digital akan tetap bertahan meskipun pandemic Covid-19 sudah dinyatakan endemi. Diskusi ditutup dengan kegiatan foto bersama dan pemberian piagam penghargaan dari FEBI UIN Gusdur kepada Prof Suhaiza yang telah berkenan berbagi ilmu bagi segenap civitas akademika.