Wednesday, 28 February 2024 14:24

FEBI UIN GUS DUR GELAR REVIEW KURIKULUM PROGRAM STUDI

Written by

Kajen (28/02) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan kegiatan Review Kurikulum Program Studi, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Studi Akuntansi Syariah dan Program Studi Perbankan Syariah. Kegiatan ini menghadirkan seorang narasumber yang kompeten di bidang kurikulum, Sutan Emir Hidayat, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Pebruari 2024 di Meeting room lantai 3.

Dalam pembukaan dan sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prof. Dr. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H., menyampaikan terima kasih kepada Bapak Sutan Emir Hidayat yang telah meluangkan waktunya sehingga bisa hadir untuk memberikan wawasan mengenai kurikulum.  Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memperbarui kurikulum dan memastikan bahwa program studi yang ada di FEBI tetap relevan dengan perkembangan teknologi informasi kekinian. Sehingga kurikulum itu memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dinamis, kontekstual serta distingsi. Tidak ingin ketinggalan juga beliau juga menyampaikan visi FEBI yaitu Terwujudnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis untuk kemanusiaan berlandaskan budaya bangsa.

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, Sutan Emir Hidayat menyampaikan paparannya mengenai kerangka kurikulum yang selaras dengan visi dan misi perguruan tinggi. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan profil lulusan, capaian pembelajaran dan lain sebagainya. Dalam merumuskan capaian pembelajaran melalui analisis kebutuhan pemangku kepentingan baik pemerintah maupun stacke holder (industri), sehingga mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi / kemampuan dalam critical thinking, analisis, mengasah team works (kolaborasi) serta keahlian dalam berkomunikasi. Selain itu perlu adanya sebuah KKN tematik yang terangkum dalam mata kuliah ekonomi maupun keuangan syariah yang berbasis kewirausahaan sehingga akan melahirkan entrepreneurship muda.

 

Pengelola fakultas, program studi serta para dosen dengan serius menyimak dan mendengarkan paparan. Suasana menjadi terbuka ketika dibuka sesi tanya jawab oleh moderator. Pengelola baik fakultas maupun program studi dan dosen mengajukan beberapa pertanyaan mengenai perkembangan kurikulum dengan kemajuan tekhnologi digital yang begitu pesat sehingga sesuai dengan profil lulusan yang akan bersaing di pasar kerja global.

Alhamdulillah, acara kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar serta ditutup dengan penyerahan cindera mata kepada narasumber dan foto bersama.

Reporter          : Nuzulul

Editor              : Aprin Yudhiarto, S.Pd.I

Last modified on Wednesday, 28 February 2024 14:46